The Magic School

A Role-Playing Game Forum which Accepting Children with Magic Power
 
IndeksPortalFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Role Playing Tips

Go down 
PengirimMessage
Vienna Vranitzky
New Student
New Student
avatar

Female Jumlah posting : 112
Age : 17
Registration date : 07.07.08

Character sheet
Group: Magician
Mood: Calm
Self Quote:

PostSubyek: Role Playing Tips   Tue Jul 08, 2008 4:03 am

Tips to Improve Your RP Skills, good stuff, read this!

Topik ini adalah topik bagi member yang ingin meningkatkan kemampuan RPnya. Tidak wajib dilakukan tetapi hal ini akan membuat dirimu lebih dihargai oleh member lain.

Setiap member pasti sudah tahu bahwa penggunaan tanda baca sangat penting untuk membuat pembaca mengerti maksud dari penulis.
  • Gunakan tanda koma untuk memisahkan frasa yang satu dengan yang lain.
  • Gunakan tanda titik untuk memisahkan kalimat yang satu dengan yang lain.
  • Untuk percakapan, gunakanlah tanda kutip pada kedua sisi kalimat yang dimaksud.
  • Untuk bergumam atau berbicara dalam hati, gunakanlah kalimat miring tanpa ada tanda kutip pada kedua sisi kalimat.
  • Walau tidak diwajibkan, namun sangat membantu pembaca jika kamu membedakan kalimat deskripsi dengan kalimat percakapan seperti misalnya dengan menebalkan atau menambahkan warna pada kalimat percakapan.


Selanjutnya adalah isi tulisan. Bagaimana caranya menambahkan deskripsi yang mendetail? Pikirkan tentang kelima indera-mu. Apa yang karakter dengar, cium, sentuh, lihat, dan rasakan? Menulis sesuatu tentang apa yang dipikirkan karakter juga bukanlah sebuah ide yang buruk. Satu lagi, gambarkan juga suasana disekitarmu.

Hal lain adalah tindakan. Tindakan karakter adalah hal yang membuat RP menjadi menarik. Tentu saja tidak apa-apa jika kamu hanya datang ke kafe lalu duduk memesan minuman, namun hal itu akan membuat respon karakter lain terbatas untuk berinteraksi dengan karaktermu. Jika kamu memiliki tujuan khusus atau mungkin sedang berada dalam situasi yang darurat, hal itu akan membuat karakter lain lebih mudah untuk memberikan responnya dan RP pun akan lebih menarik untuk dijalankan.

Jangan hanya menyatakan karaktermu melakukan sesuatu. Cobalah berikan alasan mengapa karaktermu melakukan hal itu atau mungkin dengan menimbang-nimbang pilihan apa yang bisa dilakukan karaktermu sebelum melakukan tindakan tersebut.

Untuk memberikan pandangan yang lebih jelas mengenai apa yang hendak karakter lakukan, cobalah tuliskan; dimana karaktermu berada saat ini, bagaimana karaktermu bisa berada disana, mengapa karaktermu berada disana, apa yang sebelumnya dilakukan karaktermu hingga bisa berada disana, dan lain sebagainya. Hal itu akan memberikan pembaca pandangan yang lebih jelas tantang situasi yang sedang terjadi juga terkadang dapat membantumu untuk mendapatkan ide bagaimana melanjutkan cerita.

Ketika membalas topik dimana di topik itu situasi karakter lain sedang berada dalam masalah. Bukan ide yang baik jika tiba-tiba kamu datang ke topik itu lalu membunuh lawan mereka dalam satu atau dua post berikutnya. Hal ini sama saja dengan God-Modding dimana kamu merubah suatu plot yang sedang berlangsung seru dan menarik. Cobalah untuk ikut serta masuk dalam cerita dan buat karakter mu menyatu dengan plot yang sedang terjadi.

Jangan takut untuk membuat karaktermu terkena serangan lawan dan terluka. Karaktermu akan tetap hidup. Cedera dan kelemahan karakter akan membuat kesuliatan pertarungan bertambah sehingga membuat RP lebih menarik untuk dimainkan.

Satu hal yang mampu membuat topikmu tampak menarik untuk diikuti adalah judul topik. Sangat disarankan agar kamu menuliskan cerita-mu terlebih dahulu lalu menambahkan judul setelahnya. Hal ini akan membuat kamu mampu memilih judul yang mampu membuat member lain tertarik.

Jika seseorang mem-post sebuah cerita yang cukup panjang atau bahkan panjang, cobalah untuk menyesuaikan dengan panjang ceritanya. Sangat mengesalkan jika seseorang menuliskan deskripsi yang sangat panjang dan detail namun hanya dibalas dengan; "Billy datang ke kafe dan duduk di kursi dekat counter. Dia berkata halo pada gadis yang berada disebelahnya." Benar-benar jangan dilakukan. Sebuah post untuk post lainnya. Apa yang kamu tulis adalah apa yang kira-kira akan kamu dapatkan. Lebih banyak deskripsi lebih bagus.

Pastikan apa yang kamu post itu masuk akal dan berkesinambungan dengan cerita yang sebelumnya. Baca baik-baik postingan di atasmu sebelum kamu me-reply-nya dengan postinganmu. Hal ini adalah untuk mencegah bentrok antara fakta yang terjadi dalam cerita itu. Akan menyebabkan masalah ketika lawan sudah dikalahkan namun karaktermu tetap bertarung hanya karena kamu salah membaca.


Salah satu cara untuk dapat membuat deskripsimu menjadi lebih panjang adalah dengan cara menambahkan kata sifat atau kata keterangan untuk mendeskripsikan sesuatu. Kata sifat seperti "biru" atau "keras" dapat digunakan untuk mendeskripsikan benda sedangkan kata keterangan seperti "dengan cepat" atau "dengan hati-hati" dapat digunakan untuk mendeskripsikan suatu tindakan.


Mungkin akan ditambahkan lagi nanti, seperti contoh kalimat dan tips-tips lainnya.


Terakhir diubah oleh Vienna Vranitzky tanggal Tue Jul 22, 2008 6:49 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Vienna Vranitzky
New Student
New Student
avatar

Female Jumlah posting : 112
Age : 17
Registration date : 07.07.08

Character sheet
Group: Magician
Mood: Calm
Self Quote:

PostSubyek: Re: Role Playing Tips   Tue Jul 08, 2008 4:07 am

--Saya 'reserved' jika sewaktu-waktu ada yang ingin ditambahkan.. boleh nyuu~~?--
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Kobayashi Sanada
New Student
New Student
avatar

Female Jumlah posting : 121
Age : 24
Ability : Water Manipulation
Registration date : 08.07.08

Character sheet
Group: Magician
Mood: Mau baca manga!!
Self Quote: Jangan ganggu gw, gw lagi baca manga

PostSubyek: Re: Role Playing Tips   Wed Jul 09, 2008 7:59 pm

Gwa tambah ne...

Battle Tips

TIPS 1: "Pikir dahulu pendapat, sesal kemudian tak berguna"
Apakah yang dimaksud dengan "Pikir dahulu pendapat, sesal kemudian tak berguna"? Maksudnya, saat battle kamu harus betul-betul memperhatikan posting lawanmu. Jangan sampai ada yang terlewat. Bukan ide yang baik untuk main skip, karena itu hanya akan menambah kekacauan battle dan akhirnya malah jadi tidak seru.

TIPS 2: "Sabar pangkal subur"
Mungkin ini yang paling sering dilupakan orang-orang. Sebelum serangan kamu kena, jangan sekali-kali menambahkan efek suara pada postingan kamu. Tunggulah lawanmu yang memberi penjelasan. Lantas apa hubungannya dengan sabar pangkal subur? Yup. Kata "tunggulah" tadi itu hubungannya.

TIPS 3: "Tidak ada gading yang tidak retak"
Maksud di sini adalah, jangan pernah menambahkan skill diluar apa yang ada di profile kamu. Itu akan membuat char kamu terlihat OP. Sadarilah bahwa char kamu adalah makhluk hidup yang mempunyai batas dan tidak ada gading yang tidak retak

TIPS 4: "Kebo nyusu gudel"
Ini adalah peribahasa bahasa Jawa yang secara harafiah berarti "Kerbau menyusu pada anak kerbau,". Tetapi maknanya adalah bahwasanya terkadang orang yang lebih tua harus berguru pada orang yang lebih muda, apabila orang muda itu sudah lebih expert dari yang tua. Begitu juga dalam RP, terkadang member yang jam terbangnya lebih lama harus berguru pada member newbie tapi sudah pandai ber-RP. Apa salahnya berguru dengan orang yang lebih "muda"?

TIPS 5: "Jangan pernah takut tampil beda"
Be Creative, guys! Ini yang paling penting dalam battle. Jangan pernah takut tampil beda. Ciptakanlah "jalan"mu sendiri saat battle. Bayangkanlah apabila kau ada dalam situasi seperti itu. *suara hati: Kalo perlu mah, intip bukunya mbah Sun Tzu aja...*
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Role Playing Tips   

Kembali Ke Atas Go down
 
Role Playing Tips
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» Tips - tips untuk menghindari kecelakaan
» Tips Berkendara Saat Malam Hari
» TIPS TELP GRATIS BUAT HANDPHONE,,TERBUKTI NYATA BRO!!!
» Tips & Trik Mengamankan Ninja Anda

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
The Magic School :: School Gate :: Game Turtorial-
Navigasi: